Kamis, 15 Desember 2011

Puring

Pasti jarang kan yang tau puring itu apa. Yaa.. kalau si SMA sih mungkin sudah banyak yang mengenal, karena puring biasa di gunakan untuk tugas PBKL di sekolah ku. dan aku mau share nih beberapa jenis puring yang aku tau.. semoga bermanfaat.


Puring

Codiaeum variegatum

Kerajaan:

Plantae

Divisi:

Magnoliop

hyta

Kelas:

Magnoliopsida

Ordo:

Malpighiales

Famili:

Euphorbiaceae

Genus:

Codiaeum

Spesies


C. variegatum

Puring (Codiaeum variegatum), puding, atau kroton adalah tumbuhan hias pekarangan populer berbentuk perdu dengan bentuk dan warna daun yang sangat bervariasi. Beragam kultivar telah dikembangkan dengan variasi warna dari hijau, kuning, jingga, merah, ungu, serta campurannya. Bentuk daun pun bermacam-macam: memanjang, oval, tepi bergelombang, helainya "terputus-putus", dan sebagainya.Secara botani, puring adalah kerabat jauh singkong serta kastuba. Ciri yang sama adalah batangnya menghasilkan lateks berwarna putih pekat dan lengket, yang merupakan ciri khas suku Euphorbiaceae.

Puring berasal dari Kepulauan Nusantara namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika dan subtropika, serta menjadi salah satu simbol turisme.

Puring " KRUPUK "

Puring " KERUPUK" atau dapat juga disebut Puring NIRWANA adalah jenis tanaman puring asli indonesia yang tampilan warna & keindahannya tidak kalah dengan jenis puring kura-kura dari thailand, lombinasi warna merah, merah muda, kuning, hijau, dan unggu dapat ditemukan pada warna daunnya yang solidkarakter daun kaku, tebal seperti plastik dengan posisi pertumbuhan daun seperti terbalik ( kebalikan dari puring kura-kura) .

Puring Raja

Puring yang menyukai panas matahari, karakter warnanya akan muncul dengan penempatan pada area terbuka daunnya berwarna hijau kombinasi merah hingga hitam, serta corak kuning pada bagian tengah daun. Jika berada di tempat ternaungi warna daunnya mayoritas berwarna hijau kuning di tengahdan merah pada sisi daun.

Puring bulan

Puring dengan warna terang sangat menyukai panas yang akan memunculkan warna kuning yang hampir menutupi seluruh prmukaan pada daun mudanya. Warna sangat menarik mengikuti tekstur dan pertulangan daun. Daun bisa berbentuk lebar jika berada pada tempat yang subur dan penyinaran yang terbuka.

Puring Lele

Puring lele sepintas mirip dengan piring bor, perbedaannya daun pada puring ini memiliki bentuk yang lebih lebar dan puntiran pada sisi daunnya tidak terlalu memelintir seperti pada puring bor. Dengan corak warna kuning dan hijau pada daunnya serta bentuk daunnya yang besar bulat memanjang.

Puring Jari

Daun puring ini mirip dengan bentuk jari, dengan warna kuning dan hijau di bagian tengah serta lis kuning pada bagian tepi daun. Karakter daun tebal mengarah ke atas.

Puring Dasi

puring dasi dengan bentuk daun memanjang, memiliki kombinasi warna kuning dengan gradasi warna orange pada daun muda serta hitam dan merah pada daun tuanya. Sangat menyukai panas sehingga sangat cocok untuk ground cover pada taman terbuka.

Puring Taman

Puring ini menyukai sinar matahari untuk mencerahkan warnanya tetapi tidak terlalu penuh sepanjang hari, sehingga cocok untuk pengisi sudut area pada taman di dalam bangunan atau sisi-sisi taman.Warna daunnya cerah kombinasi warna kuning, hijau, orange hingga merah dengan motif mengikuti pertulangan daun.

ya.. mungkin masih banyak lagi jenis nya.. segitu dulu ya.. ^^


0 komentar:


Recent comments

Blog

 

Shan's Blog Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger